COBA DENGERIN LAGU-LAGU INI, INI HANYA MIRIP ATAU MIRIP BANGET?

Sebuah karya memang tidak jauh dari yang namanya plagiat. Bahkan mungkin semua aspek yang ada di dunia ini bisa saja dibuat plagiat bukan?

Apalagi pada kasus plagiat dalam sebuah lagu yang sampai saat ini masih sering terjadi pertengkarang.

Selain lagu Cuma punya tujuh tangga naha saja, sebenernya wajar dong kalau misalnya setiap lagu satu dengan yang lainnya terjadi sebah kemiripan dalam aransemen?

Terlepas itu adalah perbuatan yang disengaja atau tidak disengaja ya sebenarnya sih bisa saja jadi masalah.

Apalagi kalau sampai memberikan kerugian kepada salah satu pihak. Hal-hal seperti itu sih sudah ga bisa dipisahkan oleh industry kreatif.

Daftar Lagu Yang Terdengar Mirip

Orisinalitas dari sebuah karya musik memang tidak terlalu krusial namun yang hanya bisa di perjuangan yaitu seberapa authentic dari karya tersebut.

Karena sebuah musisi pasti mampu untuk mengolah sebuah elemen dan unsur yang untuk menghasilkan sebuah karya yang berbeda.

Ada kalanya sebuah karya itu mirip pasti ada, tapi apakah itu mirip atau tidak yaitu kembali lagi oleh pendengar karena hanya mereka yang bisa menilai.

Coba deh denger lagu-lagu dibawah ini, kira-kira ini mirip saja atau mirip banget ya?

1.Curhatku – Viera VS Rooftops – Lostprophet

Kedua lagu ini sempat menjadi booming setelah ada yang menyadari bawah insturmen mereka mirip persis.

Entah mungkin salah dengar apa gimana tapi coba deh puter lagunya dengan kenceng sekarang juga, pasti kamu juga akan menyadari hal yang sama.

2.Close – Westlife VS Bersamamu – Vierra

Lagu yang berikut ini juga katanya terdengar mirip kalau diputar. Coba perhatikan dibagian reffnya

Vierratale: ku kan setia, menjagamu, bersama dirimu-dirimu-dirimu…

Westlife: you give me strength, you give me hope, you give me someone to love..

3.Cinta Ini Membunuhku – D’Masiv VS I Don’t Love You – MCR

Kemiripan lagu ini udah gak bisa di tangguhkan lagi sih. Karena banyak sekali orang yang mendengarkan lagu ini hingga berkali-kali demi ini tau dimana letak kemiripannya.

Namun kita juga ga bisa langsung menuduh d’masiv sebagai plagiat. Tapi memang benar, jika kedua lagu tersebut di dengarkan secara jelas terdapat sebuah kemiripan.

4.Mari Bercinta – Aura Kasih VS Give It To You – Sean Paul Eve

Banyak yang bilang bahwa kedua tersebut mempunyai kemiripan pada bagian beat musik dan temanya sama.

Padahal lagu Mari Bercinta ini yang membuat nama Aura Kasih melambung. Terlepas dari sengaja atau tdak sengaja, Aura Kasih pun emang mengakui adanya kemiripan dalam kedua lagu tersebut.

5.Ku Bahagia – Melly VS Stranger by The Day – Shades Apart

Coba kamu dengar kedua lagu tersebut beberapa kali deh, ada yang sama gaksih apalagi di bagian intronya?

6.Seluruh Nafas – Last Child VS Two is Better Than One – Boys Like a Girl

Kamu bisa menilai sendiri terhadap lagu ini. Kira-kira ini dibuat karena terinspirasi atau memang sengaja plagiat ya? Coba putar kedua lagu ini secara bersamaan deh.

7.Tetap Dalam Jiwa – Isyana VS Payphone – Maroon 5

Banyak yang bilang lagu ini katanya mirip, tapi kalau di dengar dengar kembali sebenernya cuma dikit sih bahkan ga terlalu terdengar jelas.

Tapi Isyana sendiri mengakui bahwa lagunya memang mirip di bagian refrain dengan bagian bridge pada maroon 5.

Setuju gak kamu sama plagiarisme pada lagu lagu-lagu diatas?