LAGU-LAGU KONTROVERSIAL

Setiap seniman yang membuat karya pasti melalui proses yang sangat panjang. Karena tidak hanya sekedar hasil dari karya tersebut namun ketika dalam berekspresi pasti di sisipi oleh gagasan, ekspresi dari seniman tersebut yang dibungkus dengan rapi oleh setiap elemen.

Begitupun dengan pencipta lagu, mereka pasti tidak akan membuat lagu yang asal-asalan.

Mereka selalu memikirkan every detail setiap lagu agar menghasilkan lagu karya yang terbaik. namun ternyata banyak gagasan dari seorang pencipta lagu yang terkesan sembarangan atau malah melawan kepercayaan yang ada di masyarakat.

Dengan begitu terkadang sebuah lagu akan di cap sebagai lagu yang kontrovesial karena karyanya yang di anggap ‘aneh’ oleh sebagian orang.

Daftar Lagu Yang Pernah Mengundang Kontroversi

Berikut ini ada beberapa karya musisi yang sempat mengundang kontroversi masyarakat hingga muncul perdebatan yang tidak pernah selesai.

1.Rape me – Nirvana

Lagu ini memiliki arti sebagai lagu anti pemerkosaan. Namun dengan muncul lagu ini, malah banyak perempuan dan korban pemerkosaan yang dating ke Band tersebut dengan alasan sebaliknya yang bukan mencerminkan lagu pemerkosaan.

Yang membuat lagu ini banyak menimbulkan perdebadan karena menurut sang pencipta ini adalah lagu biasa.

Namun banyak masyarakat lain yang menganggapnya berbeda, padahal Nirvana sendiri sering membawakan lagu ini sebagai acara amal untuk korban pemerkosaan.

2.Adam’s Song – Blink 182

Lagu ini memiliki arti sebagai lagu anti bunuh diri dan itupun sudah di jelaskan oleh para personel Blink 182.

Tak disangka, lagu ini pun menjadi besar ketika seorang anak SMA melakukan aksi bunuh diri. Kejadian tersebut sempat membuat mereka gempar.

3.One in A Million – Guns N Roses

Ada lirik yang mengartikan sebagai ‘niggas’ dan ‘homo’ yang sempat di ulang-ulang selama beberapa kali oleh Rose, ternyata menyinggung komunitas imigran, gay, dan sebagian orang kulit hitam dan kelompok anti rasis lainnya.

Padahal gitarisnya (Slash-Saul Hudson) mempunyai ras campuran dari ibunya yang kulit hitam jadi dia tidak mungkin untuk rasis kepada orang lain. Slash sudah mengeritik Rose secara pribadi atas lagunya tersebut, namun ia tetap tidak peduli.

3.Get Back – The Beatles

Lirik lagu ini dianggap sebagai kedamaian batin, namun banyak yang percaya bahwa lagu tersebut merupakan serangan rahasia terhadap imigrasi di Inggris.

Perdebatan ini selalu muncul hingga pada akhirnya ada konspirasi kematian Paul McCartney pada tahun 1966 yang di tutupi oleh band itu sendiri.

4.God Save the Queen – The Sex Pistols

Lagu ini bercerita tentang pemberontakan melawan politik Inggris. Karena banyak remaja yang merasa teralienasi oleh pemerintahan kerajaan kuno dan Ratu Elizabeth adalah lambing dari monarki tersebut.

5.Suicide Solution – Ozzy Osbourne

Ozzy sudah terkenal dengan kontroversi di masa mudanya. Ia perah dituduh telah mendorong perlikau bunuh diri fansnya melalui pesan pesan tersembunyi yang ada di dalam lagu-lagunya.

Diduga Ozzy telah memasukkan instruksi dalam lagunya agar para fansnya untuk melakukan bunuh diri.

Ada seseorang yang menembakan dirinya sendiri setelah mendapatkan bisikan yang dia dengar ketika memutakan lagu tersebut dan mengatakan kepadanya untuk menembakan dirinya sendiri.

6.Killing An Arab – The Cure

Letak kontroversi lagu ini berada di durasi 2 menit 21 detik. Lagu ini sempat menuai kontroversi karena dianggap mempromosikan rasisme dan kekerasan terhadap orang arab.

The Cure juga pernah menempelkan stiker pada album kompilasi untuk mencegah lagu tersebut digunakan sebagai alat kampanye rasisme.